Pada pembahasan kali ini omotekno akan membahas
tentang pengertian link dofollow dan nofollow pada blog yang sedang di kelolah.
Sebenarnya google telah memberikan peringatan kepada seluruh pemilik blog agar postingan
yang menkaitkan link-link aktif dapat menguranginya khususnya link dofollow
pada situs review produk, salah satu contoh review produk biasanya yaitu: smartphone.
Bagi anda yang mendapatkan pesan review produk yang
akan di muat dalam blog, anda bisa
mengambil langkah alternatif melakukan cara ini yaitu memberikan link “
Nofollow” saja pada review produk tersebut untuk menantisipasi peringatan
google. Kecuali ada kesepakatan dari awal bahwa link yang akan di muat bersifat
dofollow.
Perlu anda ketahui bahwa link Dofollow dan Nofollow
pada blog memang sangat penting dan mudah dipahami, karna link ini akan
menyakut pada optimasi Search Egenine Optimasi (SEO) dan halaman rank blog pada
mesin pencarian google.
Pengertian Link Dofollow dan Nofollow
Sebenarnya kata dofollow berasal dari bahasa Inggris,
yang dimana kata ini terdiri dari 2 suku kata yaitu: (Do dan Follow). Dan jika
diartikan Do= meng dan Follow= ikuti atau mengikuti. Nah jika anda menautkan
link ini pada postingan blog secara dofollow maka blog tersebut akan mengikuti
link yang telah di tautkan.
Manfaat yang mendapatkan link dofollow ini, Google bot
akan sendirinya melakukan perayapan dan index link pada situs yang telah di
tautkan pada blog ini sampai ke akar-akarnya.
Dan sebaliknya kata Nofollow terdiri dari 2 suku kata
juga yaitu ( No dan Follow) yang dimana bisa diartikan No= tidak dan Follow=
Mengikuti. Nah dari artinya saja tidak mengikuti maka bisa di pastikan bahwa
link yang di tautkan dalam postingan secara nofollow maka google bot tidak akan
merayapi dan index link situs pada postingan tersebut.
Struktur Penulisan Link Dofollow dan Nofollow
Dari pengertian diatas yang telah kita bahasa secara
bersama-sama, maka omotekno bisa pastikan bahwa anda telah memahami perbedaan
link dofollow dan nofollow pada postingan blog. Bagi anda yang belum mengetahui
bagaimana sih struktur penulisan link tersebut di atas.
Sebenarnya link dofollow ini bersifat otomatis
(default), artinya di dalam setiap postingan yang telah menautkan link aktif
akan bersifat dofollow secara default tanpa harus mengedit atau kotak-katik
pengaturan link.
Biasanya untuk menautkan link aktif pada artikel
postingan blog berupa kata-kata (teks), agar google bot langsung melakukan
perayapan kata kunci dan langsung di index.
Contoh penulisan link dofollow pada postingan:
<a href= “link aktif”>judul</a>
Link di dofollow ini juga sangat bermanfaat yang
memberikan dampak positif pada blog yang dimana sering di sebut dengan
backlink.
Sedangkan memberikan link nofollow pada postingan
sangat berbeda dengan dofollow, untuk membuat link nofollow sangat mudah dan
cepat, karna blogspot menyediakan kolom centang yang ingin link tersebut
bersifat nofollow.
Sebagai contoh penulisan link nofollow yaitu:
<a href=”masukan link”rel=”nofollow’>Judul</a>
Jika link ini di muat dalam postingan maka google bot
tidak akan melakukan perayapan dan index pada situs tersebut, namun pengunjung
akan di arahkan tab baru jika mengklik link tersebut.
Demikian pembahasan tentang pengertian serta penulisan
struktur dofollow dan nofollow pada postingan blog, semoga artikel ini dapat
bermanfaat bagi anda yang telah mengunjungi artikel omotekno ini.
0 komentar