Friday, November 24, 2017

Pengertian Link Dofollow dan Nofollow Pada Postingan Blog

pengertian link dofollow dan nofollow pada postingan blog
Pada pembahasan kali ini omotekno akan membahas tentang pengertian link dofollow dan nofollow pada blog yang sedang di kelolah. Sebenarnya google telah memberikan peringatan kepada seluruh pemilik blog agar postingan yang menkaitkan link-link aktif dapat menguranginya khususnya link dofollow pada situs review produk, salah satu contoh review produk biasanya yaitu: smartphone.
  
Bagi anda yang mendapatkan pesan review produk yang akan di muat  dalam blog, anda bisa mengambil langkah alternatif melakukan cara ini yaitu memberikan link “ Nofollow” saja pada review produk tersebut untuk menantisipasi peringatan google. Kecuali ada kesepakatan dari awal bahwa link yang akan di muat bersifat dofollow.

Perlu anda ketahui bahwa link Dofollow dan Nofollow pada blog memang sangat penting dan mudah dipahami, karna link ini akan menyakut pada optimasi Search Egenine Optimasi (SEO) dan halaman rank blog pada mesin pencarian google.

Pengertian Link Dofollow dan Nofollow


Sebenarnya kata dofollow berasal dari bahasa Inggris, yang dimana kata ini terdiri dari 2 suku kata yaitu: (Do dan Follow). Dan jika diartikan Do= meng dan Follow= ikuti atau mengikuti. Nah jika anda menautkan link ini pada postingan blog secara dofollow maka blog tersebut akan mengikuti link yang telah di tautkan.

Manfaat yang mendapatkan link dofollow ini, Google bot akan sendirinya melakukan perayapan dan index link pada situs yang telah di tautkan pada blog ini sampai ke akar-akarnya.

Dan sebaliknya kata Nofollow terdiri dari 2 suku kata juga yaitu ( No dan Follow) yang dimana bisa diartikan No= tidak dan Follow= Mengikuti. Nah dari artinya saja tidak mengikuti maka bisa di pastikan bahwa link yang di tautkan dalam postingan secara nofollow maka google bot tidak akan merayapi dan index link situs pada postingan tersebut.

Struktur Penulisan Link Dofollow dan Nofollow


Dari pengertian diatas yang telah kita bahasa secara bersama-sama, maka omotekno bisa pastikan bahwa anda telah memahami perbedaan link dofollow dan nofollow pada postingan blog. Bagi anda yang belum mengetahui bagaimana sih struktur penulisan link tersebut di atas.

Sebenarnya link dofollow ini bersifat otomatis (default), artinya di dalam setiap postingan yang telah menautkan link aktif akan bersifat dofollow secara default tanpa harus mengedit atau kotak-katik pengaturan link.

Biasanya untuk menautkan link aktif pada artikel postingan blog berupa kata-kata (teks), agar google bot langsung melakukan perayapan kata kunci dan langsung di index.
  
Contoh penulisan link dofollow pada postingan:

<a href= “link  aktif”>judul</a>

Link di dofollow ini juga sangat bermanfaat yang memberikan dampak positif pada blog yang dimana sering di sebut dengan backlink.


Sedangkan memberikan link nofollow pada postingan sangat berbeda dengan dofollow, untuk membuat link nofollow sangat mudah dan cepat, karna blogspot menyediakan kolom centang yang ingin link tersebut bersifat nofollow.

Sebagai contoh penulisan link nofollow yaitu:

<a href=”masukan link”rel=”nofollow’>Judul</a>

Jika link ini di muat dalam postingan maka google bot tidak akan melakukan perayapan dan index pada situs tersebut, namun pengunjung akan di arahkan tab baru jika mengklik link tersebut.


Demikian pembahasan tentang pengertian serta penulisan struktur dofollow dan nofollow pada postingan blog, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang telah mengunjungi artikel omotekno ini.
Load disqus comments

0 komentar